Selasa, 17 Oktober 2017

Organisasi Kemahasiswaan sebagai wadah untuk mencetak Mahasiswa Progresif dan Berintegritas

Secara umum, organisasi mahasiswa terbagi menjadi dua bahagian, yakni organisasi eksternal dan organisasi internal kampus. Salah satu bentuk organisasi internal kampus adalah organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa (disingkat UKM). Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)adalah wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu sampai pada tataran pembinaan prestasi.  UKM merupakan organisasi kemahasiswaan ditingkat Sekolah Tinggi Madinatun Najah berfungsi untuk menampung berbagai minat dan bakat dari para mahasiswa. Unit Kegaiatan Mahasiswaadalah organisasi intra kampus yang tentunya dalam setiap kegiatan organisasi yang dilakukan mahasiswa dapat dimonitor oleh kampus itu sendiri sehingga seluruh kegiatannnya akan aman dan terkendali.Sejauh penelusuran penulis dan hasil diskusi dengan beberapa dosen dilingkungan kampus STAI Madinatun Najah serta aspirasi dari beberapa mahasiswa, sangat penting kiranya STAI Madinatun Najah untuk mendirikan UKM sebagai wadah atau tempat mahasiswa menyalurkan minat, bakat, dan keahlian yang dimilikinya. Selain UKM Resimen Mahasiswa yang sudah ada di STAI Madinatun Najah Rengat,  UKM lain yang tidak kalah pentingnya dan kemudian menjadi rekomendasi adalah UKM Jurnalistik dan UKM Koperasi Mahasiswa (KOPMA).

UKM Jurnalistik di kampus bisa menjadi sarana penyakutan minat dan bakat mahasiswa dibidang jurnalistik dan tulis menulis dimana mahasiswa diharapkan mampu memunculkan ide-ide brilian mereka yang tidak tersalurkan dalam kegiatan perkuliahan dikelas. Selain itu, UKM Jurnalistik bisa memperkuat eksistensi mahasiswa  sebagai agen perubahan (Agen of change) dan kontrol sosial (social of control)dimana mahasiswa dituntut untuk memberikan kritik, argumentasi dan solusi terhadap persoalan-persoalan dalam internal maupun eksternal kampus, baik itu dibidang  agama, politik, ekonomi, pendidikan dan persoalan-persoalan dibidang lainnya. Sedangkan UKM Koperasi Mahasiswa (KOPMA) sebagai sarana pengembangan diri mahasiswa untuk menajalankan kegiatan kewirausahaan. Kegiatan-kegiatan di UKM KOPMA adalah bentuk upaya untuk mewujudkan salah satu tujuan STAI Madinatun Najah untuk mencetak guru yang berjiwa interpreneur.
Unit Kegiatan Mahasiswa dilingkungan kampus STAI Madinatun  Najah sebagai wadah  bagi mahasiswa STAI-MN untuk berproses dan mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri mereka untuk meraih masa depan yang cemerlang. Tanpa oraganisasi, mahasiswa tidak bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang otomatis menghambat potensi-potensi yang mereka miliki. Adapun pengetahuan yang didapatkan dalam kegiatan proses pembelajaran dikelas hanya sekitar 20% saja dan 80% lainnya bisa didapatkan diluar dikelas yang salah satunya bisa didpatkan pada organisasi kemahasiswaan.  Olehnya itu, semua pihak terkait dalam lingkungan STAI-MN sangat diharapkan kerjasamanya untuk mewujudkan pendirian Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut sebagai salah satu bentuk organisasi internal kampus yang akan mewadahi setiap kegiatan-kegiatan kemahasiswaan selain Organisasi Dewan Mahasiswa (DEMA) yang sudah terbentuk sebelumnya. Dengan adanya UKM tersebut, diharapkan dapat mencetak mahasiswa-mahasiswa yang progresif dan Berintegritas.

0 komentar:

Posting Komentar