Selasa, 17 Oktober 2017

Mahasiswa lakukan Mini Riset, telaah kurikulum PAI SD,SMP,SMA/SMK

Dalam rangka mensinergikan teori dan praktik terkait materi kurikulum PAI SD,SMP,SMA/SMK, maka dosen mata kuliah yang bersangkutan (Telaah Kurikulum PAI SD,SMP,SMA/SMK) memberikan tugas lapangan berupa Mini Riset. Salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui lebih lanjut implementasi kurikulum PAI di Sekolah-sekolah, baik di tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK, karena selama ini mahasiswa hanya disibukkan dengan diskusi yang dilakukan di dalam kelas yang hanya memperdebatkan hal-hal yang bersifat teoritis. Begitupun dengan beberapa matakuliah lainnya, seperti halnya, Mata kuliah Materi PAI SD, SMP, maupun SMA/SMK.
Dosen matakuliah Telaah Kurikulum PAI, SD,SMP,SMA/SMK dalam hal ini di ampu oleh Susiana,M.Pd.I. mengarahkan mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan, Dalam hal ini adalah Sekolah, yang mana Instansi Sekolah bersentuhan secara langsung dengan kegiatan pendidikan. Menurut Prof. Dr. Ahmad Tafsir dalam bukunya Filsafat Pendidikan Islami mengatakan, setidaknya dalam 3 SKS di setiap matakuliah, 1 SKS diantaranya berupaa kegiatan praktik lapangan. Sehingga, Mahasiswa tidak hanya berteori, dan larut dalam diskusi tetapi juga melihat Realita dilapangan serta mampu menganalisanya secara objektif dan mendalam.
Mahasiswa STAI Madinatun Najah Rengat Semester 5, melakukan pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara serta Analisa terhadap Dokumentasi yang ada, seperti Silabus dan RPP sebagai salah satu perangkat pembelajaran. Diantara lokasi yang menjadi tempat penelitian adalah Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Indragiri Hulu yang berlokasi di Kelurahan Pematang Reba yang dilakukan terhitung dari hari Kamis 5 Oktober sampai 11 Oktober 2017.
Selain sebagai tujuan Tri Dharma Perguruan tinggi, usaha ini dilakukan untuk mempererat hubungan antara STAI Madinatun Najah Rengat dengan Sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu, RIAU.

0 komentar:

Posting Komentar